Rabu, 11 Juli 2012

Pendidikan Dalam Masyarakat Pesisir

Masyarakat adalah golongan besar atau kecil dari beberapa manusia yang dengan karena sendirinya bertalian secara golongan dan mempengaruhi satu sama lain.
 Pengertian masyarakat pesisisr tidak dapat dipisahkan dengan masyarakat itu sendiri. Maka dari itu sebelum membicarakan tentang masyarakat pesisir terlebih dahulu kita memahami tentang definisi masyarakat. Ralp Linton mendifinisikan masyarakat merupakan sekelompok manusia yang telah hidup lama dan bekerja sama sehingga mereka dapat mengatur diri dan menganggap diri mereka sebagai kesatuan sosial dengan batas tertentu yang diharuskan dengan jelas. Pada hakikatnya pengertian masyarakat mempunyai unsur-unsur sebagai berikut :
 a. Adanya sejumlah manusia yang hidup bersama
 b. Bercampur atau bersama-sama untuk waktu yang cukup lama
 c. Menyadari bahwa mereka merupakan satu kesatuan.
 d. Menyadari bahwa mereka bersama-sama di ikat oleh perasaan anggotayang satu dengan yang lainnya.
  e. Menghasilkan suatu kebudayaan tertentu.

Di dalam masyarakat kita harus mengerti apa yang di sebut bermasyarakat itu, sebab hidup masyarakat adalah suatu kehidupan sekelompok manusia yang saling mengadakan hubungan diantara yang satu dan yang lain.Salah satu kehidupan manusia yang bersifat umum, bahwa pada dasarnya mempunyai sifat egois dan mempunyai bebas diri dan sangat luas.Oleh sebab itu manusia baru dikatakan manusia apabila ia hidup sekali sama dengan manusia lainnya. Sebab manusia hidup yang sama mempunyai perasaan sosial yang sifatnya dapat dibentuk sejak manusia mulai bergaul dengan yang lainnya.Masyarakat pesisir adalah masyarakat yang memiliki tempra mentaldan karakter watak yang keras dan tidak mudah di atur. Aparat birokrasilokal mengatakan hal serupa dengan menyatakan, bahwa daerah pesisirtergolong desa yang paling rawan kekerasan, kaum wanitanya juga bersikapkritis terhadap aparat desa yang kebijakannya dinilai tidak benar, misalnya :merugikan kepentingan masyarakat setempat.

Sebagian masyarakat lainnya berpendapat bahwa bentuk perlakuan kita terhadap mereka mempengaruhi bentuk-bentuk respons masyarakat pesisir yang di tampilkan artinya, jika kita menghormati dan menghargai mereka, merekapun akan akan merespons dengan tindakan yang sama demikian pula sebaliknya.Realitas pend idikan di masyarakat pesisir adalah pendidikan yang mengalami “Dehumanisasi”, dikatakan demikian karena pendidikan mengalami proses kemundurun dengan terkikisnya nilai-nilai kemanusiaan yang dikandungnya. Bisa juga dikatakan bahwa pendidikan kita mengalami“kegagalan” apabila kita menengok beberapa kasus yang lalu terjadi telahmuncul di permukaan. Realitas pendidikan masyarakat pesisir kian mensubordinasi dan memarginalisasi masyarakat merupakan ancaman terhadap demokratisasi dantujuan masyarakat. Sejatinya masyarakat pesisir dapat mengenyam pendidikan sama dengan masyarakat mampu yang lain, dikarenakan pendidikan merupakan hak seluruh warga masyarakat dan sudah saatnya reformasi pendidikan masyarakat pesisir perlu untuk segera dan secara masif di upayakan, yaitu gagasan dan langkah untuk menuju pendidikan yang berorientasi kemanusiaan. Dengan tingkat pendidikan, ada juga keterampilan yang rendah anak anak menjadi putus sekolah dan lebih memilih bekerja sebagai nelayan, dikarenakan pendidikan tidak menunjang







Tidak ada komentar:

Posting Komentar